Home » Profil

Profil

Sekilas Pandang

Program studi D3 Bahasa Jepang Fakultas Bahasa Universitas Widyatama bertujuan untuk menciptakan Ahli Madya sesuai dengan kompetensi yang terdapat dalam rumusan level pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan dapat menjadi tenaga profesional yang tangguh serta dapat memanfaatkan peluang yang ada. Program Studi D3 Bahasa Jepang Universitas Widyatama lebih berkonsentrasi pada bidang bisnis.

Program Studi D-3 Bahasa Jepang juga merupakan program studi yang dinamis dengan banyaknya kegiatan yang mendukung Proses Belajar Mengajar, disamping kegiatan belajar mengajar itu sendiri tentunya.

Kegiatan yang dilaksanakan Prodi Bahasa Jepang terbagi menjadi tiga yaitu, kegiatan dosen, kegiatan mahasiswa, dan kegiatan dosen dan mahasiswa yang dilaksanakan secara bersama-sama. Kegiatan dosen yang rutin dilaksanakan selain kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, juga ada kegiatan benkyoukai (belajar bersama) dibawah bimbingan native speaker, workshop, seminar.

Kegiatan rutin mahasiswa yang dilaksanakan setiap tahun adalah WJM (Widyatama Japan Matsuri), benkyoukai (Learning Group), kaiwakai (conversation practice), Japanese Gathering, dan kegiatan himpunan lainnya.

Selain itu, mahasiswa banyak yang aktif di UKM Japan Club yang setiap tahun selalu menyelenggarakan acara sashimi, yaitu acara yang menampilkan berbagai budaya dan keunikan dari Jepang.

Kegiatan yang dilaksanakan dosen bersama mahasiswa diantaranya WJM, Japanese Gathering, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat dan lain-lain. Kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa secara bersamaan ini, membuat hubungan antara dosen dan mahasiswa menjadi dekat dan akrab sehingga mahasiswa bisa belajar dengan perasaan nyaman dan bisa konsultasi kapan saja apabila mengalami kesulitan dalam belajar, dan dosen pun bisa dengan mudah melihat setiap kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa. Hal ini sesuai dengan moto Universitas Widyatama yaitu Friendly Campus for Future Business Pro.

Dengan suasana kampus yang friendly suasana kampus pun menjadi kondusif, sehingga dapat menjadi motivasi mahasiswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh, dengan ditunjang oleh staf pengajar yang kompeten di bidangnya.

Masa tunggu lulusan untuk bekerja relatif singkat yaitu sekitar 3 bulan, hal ini dikarenakan banyak user yang langsung menghubungi kami baik melalui career centre universitas Widyatama maupun langsung meminta lulusan untuk bekerja di tempat mereka melalui prodi.

Alumni prodi D-3 Bahasa Jepang banyak yang sudah berhasil dan bekerja, dan yang lebih menggembirakan sebagian besar alumni bekerja sesuai dengan bidang ilmu yang telah mereka pelajari selama kuliah di prodi bahasa Jepang, apakah itu di perusahaan Jepang, travel atau wiraswasta, selain itu ada juga beberapa mahasiswa yang melanjutkan kuliah di Jepang.

 

Kepengurusan

Pada saat namanya masih STIBB, jurusan bahasa Jepang dipimpin oleh seorang Ketua Jurusan, kemudian setelah bergabung dengan Universitas Widyatama jurusan bahasa Jepang menjadi Program Studi D-III Bahasa Jepang dan dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi.

Berikut nama-nama yang pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Bahasa Jepang dan Ketua Program Studi Bahasa Jepang :

  • Uning Kuraesin, Dra., M.Pd sebagai Ketua Jurusan periode 1997 s/d 2000
  • Uning Kuraesin, Dra., M.Pd sebagai Ketua Program Studi periode 2001 s/d 2004
  • Uning Kuraesin, Dra., M.Pd sebagai Ketua Program Studi periode 2004 s/d 2008
  • Etty Kustiaty, Dra., M.Hum sebagai Ketua Program Studi periode 2008 s/d 2012
  • Etty Kustiaty, Dra., M.Hum sebagai Ketua Program Studi periode 2012 s/d Maret 2016
  • Aan Amalia, Dra., M.Pd sebagai Ketua Program Studi periode April 2016 s/d sekarang

 

Sejarah

Sejarah Program Studi D-3 bahasa Jepang berdiri pada tahun 2001. Pada awalnya merupakan salah satu prodi pada STIBB (Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung) Widyatama yang diselenggarakan yayasan Widyatama. STIBB didirikan pada tahun 1997 dan mendapat status terdaftar dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 12/D/0/1997 tanggal 25 Maret 1997.

Pada bulan Agustus 2001, empat sekolah tinggi di lingkungan yayasan Widyatama bergabung membentuk Universitas Widyatama. Pengembangan institusi menjadikan prodi bahasa Jepang sebagai salah satu prodi pada Fakultas Bahasa – Universitas Widyatama. Pembentukan Universitas Widyatama ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001 tanggal 2 Agustus 2001.

Pada saat ini, Program Studi Bahasa Jepang telah Terakreditasi A SK BAN-PT No. 4926/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2017.

Dalam upaya pengembangan pengajaran dan pendidikan bahasa Jepang, program studi D-3 Bahasa Jepang juga menjalin kerjasama dengan pihak lain diantaranya dengan beberapa perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, ASPBJI (Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia), ASJI (Asosiasi Studi Jepang Indonesia), Bandung Japanese School, Kedutaan Besar Jepang serta dengan pihak industri seperti perusahaan- perusahaan Jepang yang ada di Indonesia atau perusahaan Indonesia yang bekerjasama dengan perusahaan atau orang Jepang diantaranya adalah dengan PT. OHM, Prasada Pramunah Limbah Industri. Selain itu kami juga menjalin kerjasama yang bersifat internasional diantaranya dengan The Japan Foundation, dan Osaka Gaigo Gakuin (sekolah bahasa Jepang).

 

Visi

Menjadi Program Studi Bahasa Jepang yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bahasa Jepang ditunjang dengan bidang perkantoran dan pariwisata, terampil berkomunikasi, mandiri, dan berwawasan global pada tahun 2022.

 

Misi

Misi Program Studi DIII Bahasa Jepang Universitas Widyatama, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan Bahasa Jepang dengan kemampuan berkomunikasi dalam dunia perkantoran dan pariwisata.
  2. Mengupayakan proses pembelajaran yang kondusif untuk membangun keunggulan lulusan dalam bidang Bahasa Jepang.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menunjang pengembangan dan penerapan bahasa Jepang.
  4. Membina sumber daya manusia yang memiliki intelektualitas dan moralitas tinggi.
  5. Membina dan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi penyelenggaraan pendidikan dengan kebutuhan industry baik dalam maupun luar negeri.

 

Tujuan

Program Studi DIII Bahasa Jepang Universitas Widyatama dalam menyelenggarakan pendidikannya memiliki tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan sebagai tenaga Ahli Madya yang professional dalam bidang bahasa Jepang khususnya bidang perkantoran dan pariwisata.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Jepang, baik lisan maupun tulisan, dengan standar kemampuan berbahasa Jepang lulus Japanese Language Proficiency Test (JLPT) level N3, mampu memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul di lapangan kerja.
  3. Menghasilkan lulusan yang adaptif dan memiliki kemampuan bahasa Jepang dengan kompetensi pada komunikasi dalam bisnis perkantoran dan pariwisata..
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan ilmu dan ketrampilan bahasa Jepang untuk kepentingan masyarakat.

 

Sasaran

Sasaran Program Studi S1 Bahasa Jepang secara terperinci sebagai berikut:

  1. Sekurang-kurangnya 75% mahasiswa dapat lulus tepat waktu (≤7 semester) dengan prestasi yang memuaskan (IPK≥ 2,75).
  2. Sekurang-kurangnya 75% lulusan memiliki skor EPT minimal 450.
  3. Sekurang-kurangnya 75% lulusan menguasai aplikasi komputer (Mata Kuliah Komputer Dasar dan Internet) dengan nilai minimal B.

 

Fasilitas

  1. Beasiswa baik dari pemerintah maupun dari yayasan dan universitas Widyatama
  2. Laboratorium Bahasa Digital
  3. Parki yang luas
  4. Gedung yang representative
  5. Lingkungan kampus yang kondusif
  6. Kantin