Publikasi
Program Studi Bahasa Jepang D3
NAMA DOSEN | TITLE | NAME OF JOURNAL/PROCEEDING | PUBLISHER | YEAR OF PUBLICATION | INDEXED BY |
---|---|---|---|---|---|
Aan Amalia, Dra., M.Pd. | Destinasi Utama Favorit di Jepang Berdasarkan Musim bagi Wisatawan Indonesia | Kepariwisataan Journal | Politeknik Pariwisata Makasar | 2018 | Nasional |
Analisis Kesalahan Partikel Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Universitas Nasional PASIM | Kagami Journal | Universitas Negeri Jakarta | 2012 | Nasional | |
Pengajaran Nihongo Kyouiku Puroguramu Unei Sebagai Persiapan Untuk Menjadi Enterpreneur di Bidang Pendidikan | Proceeding | Universitas Widyatama | 2015 | Nasional | |
Abdul Latif Jaohari, S.Pd., M.Pd. | Analisis Kontrastif Ragam Bentuk Kalimat Imperatif Bahasa Jepang dengan Bahasa Indonesia | Proceeding: Seminar International UGM | UGM | 2014 | National |
Analisis Kontrastif Ragam Makna Kalimat Imperatif Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia | Proceeding: Seminar International UDINUS | UDINUS | 2014 | National | |
Variasi Permintaan Maaf Orang Jepang Ditinjau Dari Aspek Sosiokultural Budaya Jepang | Journal: | Politeknik Pariwisata Makassar | 2017 | National | |
Kepariwisataan Politeknik Pariwisata Makassar | |||||
Hardianto Rahardjo, S.Pd., M.Pd. | Penggunaan Yakuwarigo (Role Language) Bahasa Jepang dalam Dialog Manga | Jurnal wa | ASPBJI Korwil Jabar | 2016 | Google Scholar |
Yakuwarigo and Linnguistic Stereotype In Japanese Fiction | Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems | Institute of Advance Scientific Research | 2019 | Scopus | |
Nurza Ariestafuri, S.S., M.Pd. | Pemadanan Yo dan Ne dalam Bahasa Indonesia | Universitas Pendidikan Indonesia | Universitas Pendidikan Indonesia | 2012 | Google Scholar |
Analisis Idiom Bahasa Jepang yang Terbentuk dari Kata “Neko” | Kagami Jurnal Pendidikan dan Bahasa Jepang | Universitas Negeri Jakarta | 2017 | Google Scholar | |
Gal Moji, Sebuah Fenomena Bahasa Jepang Ragam Surat Elektronik pada Komunitas Gal | Journal of Japanese Language Education & Linguistics | Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | 2017 | Google Scholar |
Pada dasarnya staf pengajar prodi bahasa Jepang cukup aktif mengikuti berbagai kegiatan ilmiah, seperti mengikuti seminar baik nasional maupun internasional, ataupun mempublikasikan penelitian mereka di jurnal. Staf pengajar prodi bahasa Jepang pun selalu aktif pada setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh asosiasi, seperti ASPBJI (Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia) APSJI (Asosiasi Program Studi Jepang Indonesia) yang berupa workshop atau seminar, dan lain-lain. Selain itu setahun bisa dua atau tiga kali, kami selalu menyelenggarakan benkyoukai (belajar bersama) yang dipandu oleh native speaker baik itu native dari Japan Foundation sebagai lembaga yang mendukung pendidikan bahasa Jepang, maupun natif yang kami undang dari beberapa perguruan tinggi di Jepang. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang ada kaitannya dengan perkembangan bahasa Jepang, metode pengajaran dan budaya Jepang.